Bersama Decky

Berbagi Untuk Semua

Membasmi Virus Sality

Tidak akan ada habisnya kalau kita membicarakan masalah virus, selalu ada saja virus dengan varian baru. Setelah masalah selesai dengan virus A, maka tak lama kemudian muncul virus B, C dan seterusnya hingga waktu kita habis hanya untuk masalah ini.

Kalau virus itu hanya bersifat main-main sih nggak terlalu merepotkan. Kenapa main-main?? Ada sebagian virus yang hanya bermain dengan file-file kita, misalkan dengan menggandakan file menjadi banyak, meng-hidden, menyamarkan dalam bentuk file lain, dan sebagainya. Malah yang lebih lucu lagi, ada yang hanya muncul pada saat tertentu untuk menampilkan pesan pada pengguna komputer dimana pesan itupun sebenarnya tidak terlalu penting. Dan yang lebih parah lagi virus dibuat sebagai ungkapan dari pembuat virus karena sedang menyukai seseorang, atau bahkan sedang patah hati karena seseorang. Virus-virus seperti ini biasanya tergolong virus lokal dan sudah banyak sekali antivirus lokal yang bisa atasi ini dengan mudah, karena mereka (yang membuat virus) hanya main-main.

Lain halnya kalau virus impor. Efek dari virus impor biasanya lebih mengarah pada kinerja operating sistem. Ada yang menyerang file-file program, memblokir program security (seperti antivirus), membuat komputer tidak bisa mengupdate antivirus, dan lain-lain. Disini saya akan membahas tentang virus sality yang saat ini sudah terdapat puluhan varian. Sepertinya virus sality sudah tidak asing lagi bagi Anda yang berkecimpung didunia komputer, dan hampir semua komputer yang kita pakai pernah terinfeksi virus ini. Komputer yang terinfeksi virus sality akan mengalami masalah pada hampir semua program aplikasi yang terinstall. Entah itu terasa lambat, aneh (atau tidak normal), dan gejala lainnya.

Virus ini juga akan memblokir sebagian besar program antivirus yang akan diinstall, sehingga kita tidak bisa menginstall antivirus jika virus ini sudah terlanjur menginfeksi komputer. Virus ini juga memblokir safe mode, jadi kita juga tidak bisa masuk safe mode. Kalaupun bisa (dengan antivirus tertentu), maka file atau program yang terinfeksi virus akan dihapus oleh antivirus saat proses scanning virus. Sehingga akan banyak file installer maupun program yang tadinya sudah terinstall akan hilang karena telah terhapus, dan mau tidak mau kita harus melakukan installasi ulang komputer.

Bagus sih,…mengembalikan performa (kinerja) komputer yang terkena virus dengan menginstall ulang semua program (operating sistem beserta aplikasi), jadi komputer akan terasa lebih fresh. Tetapi apakah efektif jika setiap komputer terkena virus terus kita install ulang?? Jika ada cara yang lebig efektif akan sangat bijak jika kita melakukannya.

Sebagai contoh saat komputer kita terkena virus sality. Kita bisa membersihkan virus sality (yang menginfeksi semua program dan file installer) tanpa harus menghapus file atau program yang terkena virus. Penasaran..???

Biasanya kalau berurusan dengan virus kita akan mencari antivirus yang paling update kemudian kita scan dengan menggunakan antivirus tersebut. Masalahnya,.. antivirus apa yang bisa menghilangkan virus sality tanpa harus menghapus file yang terinfeksi?? Mungkin sebagian dari anda sudah menemukannya yaitu kaspersky dan nod32. Tapi ada satu antivirus yang memang dibuat untuk mengatasi virus yang satu ini, dengan ukuran file yang bisa dikatakan sangat kecil (kurang dari 1 MB). Dan hebatnya lagi kita tidak harus melakukan installasi antivirus ini ke dalam komputer kita. Jadi hanya dengan menjalankan file ini maka semua virus sality di local disk akan di-scan tanpa menghilangkan file yang terinfeksi.

Antivirus ini bisa Anda download secara gratis disini

Setelah proses scan selesai jangan lupa untuk melakukan scanning registry agar semua program dapat berjalan normal seperti biasa. Anda bisa menggunakan program seperti ccleaner dan tune up utilities. Restart komputer Anda,.. dan semua program akan kembali normal tanpa ada virus sality.

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: